Mengenal Tanda Pada Produk Berbahan Plastik

Hati-hati dengan peralatan rumah tangga atau bahan lain yang terbuat dari plastik. Karena tidak semua peralatan dari bahan plastik aman. 

Untuk keamanan pemakaian bahan plastik, didunia saat ini sudah disusun sebuah kesepakatan tentang peraturan standar dan  kode untuk mengenali bahan-bahan pembuat plastik. Peraturan standart itu dikeluarkan pada 1988 oleh The Society of Plastic Industry di Amerika Serikat. .Tujuannya adalah agar masyarakat bisa memahami peralatan yang aman atau berbahaya untuk kesehatan manusia

Tanda dasar yang dipergunakan adalah tanda panah tiga berbentuk segitiga. Tanda ini menunjukkan bahwa produk tersebut adalah produk daur ulang. Kemudian ditambah dengan kode angka dan hurup dibawahnya. Angka dan hurup ini menunjukkan jenis plastik penyusunnya.





Angka 1- PET

Plastik tersebut tersusun dari Polyethylene Terephthalate. Kemasan dengan angka ini berarti mengandung 30% PET. Biasanya kemasan dengan bahan ini jernih atau transparan. Umumnya dipakai untuk botol air mineral, botol jus, atau gelas plastik.
Kemasan plastik dengan kode 1-PET hanya untuk sekali pakai tidak boleh menggunakannya berulang. Bahan ini juga tidak baik untuk menyimpan makanan serta minuman panas karena panas akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol bermigrasi ke makanan atau minuman.

Angka 2-HDPE

Bahan kemasan plastik ini tersusun oleh High Density Polyethylene (HDPE). Bahan baku plastik ini aman karena tidak bereaksi terhadap makanan atau minuman. Bahan ini lebih kuat, keras, buram, dan lebih tahan terhadap suhu tinggi sehingga biasa dipakai pada botol susu berwama putih susu, tupperware, galon air minum, dan kursi lipat. Tetapi kemasan ini juga tidak untuk dipakai berulangkali. Sebab senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring waktu dan itu berbahaya bagi kesehatan.

Angka 3 - V

V adalah singkatan dari polyvinyl chloride (PVC) yang mengandung di-2-etil-heksiladipat (DEHA) yang dapat bereaksi dengan makanan. Kandungan DEHA mudah bermigrasi pada suhu 15 derajat celcius. Bahan ini berbahaya dan sulit mengalami daur ulang. Biasanya jenis ini dipakai untuk plastik pembungkus (cling wrap)

Angka 4 - LDPE

Angka 4 dan HDPE artinya bahan ini terbuat dari Low Density Polyethylene. Bahan ini terbuat dari minyak bumi. Sifatnya kuat, agak tembus cahaya, fleksibel, dan permukaannya agak berlemak. Pada suhu di bawah 60 derajat celcius, sangat resisten terhadap senyawa kimia. Meski punya daya proteksi terhadap uap, air baik, akan tetapi kurang baik bagi gas-gas yang lain seperti oksigen.

Angka 5 - PP

Terbuat dari Polypropylene. Biasa ditemukan pada botol transparan tapi tidak terlalu jernih atau berawan. Plastik jenis ini berkarakter lebih kuat, ringan, dengan daya tembus uap yang rendah. Makanya plastik jenis ini aman untuk kemasan makanan dan minuman karena plastik jenis ini juga tahan terhadap lemak dan stabil terhadap suhu tinggi.

Angka 6 - PS

Terbuat dari Polystyrene (PS) atau biasa disebut polimer aromatik. Saat bertemu dengan makanan atau minuman, bahan ini dapat mengeluarkan bahan styrene. Bahan ini harus dihindari karena berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, pertumbuhan dan sistem saraf. Ada baiknya kita langsung membakar bila menemukannya.

Angka 7-other

Tersusun selain dari enam bahan plastik yang disebutkan sebel.umnya. Kandungannya antara lain Styrene Acrylonitrile (SAN), Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS), Polycarbonate (PC) dan Nylon.

Kandungan SAN biasa terdapat pada tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat-alat rumah tangga, komputer, alat-alat elektronik, dan plastik kemasan.

Kandungan ABS biasa untuk bahan mainan lego dan pipa. SAN dan ABS memiliki resistensi tinggi terhadap reaksi kimia, kuat, dan tingkat kekerasannya dapat ditingkatkan tapi aman.

Adapun PC biasanya ada pada botol susu bayi, gelas anak batita, botol minum polikarbonat, dan kaleng kemasan makanan dan minuman, termasuk kaleng susu formula.Kandungan PC berpotensi merusak sistem hormon, kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma, dan mengubah fungsi imunitas.



 Setelah mengetahaui tentang kode  pada peralatan plastik, maka berhati-hatilah untuk memakai peralatan terutama alat makan dan minum atau tempat menyimpan makanan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar. Saya sangat menghargai jika Anda berkomentar dengan sopan. Terima Kasih