Manfaat Seledri Untuk Kesehatan

Seledri adalah  tanaman dengan nama Latin Apium Graveolens. Di Indonesia tanaman Seledri merupakan bahan masakan untuk menambah aroma dan penghias sajian makanan. Namun sebenarnya manfaat seledri tidak hanya untuk bidang kuliner saja, tetapi banyak lagi manfaat lainnya termasuk untuk kesehatan tubuh manusian. Seledri tidak hanya daunnya saja yang memiliki khasiat, akar, buah dan biji seledri pun dapat digunakan sebagai obat.

Bagian dari tumbuhan seledri yang bermanfaat antara lain adalah Akar seledri berkhasiat memacu enzim pencernaan dan peluruh kencing (diuretik), buah atau bijinya sebagai pereda kejang (antispasmodik), menurunkan kadar asam urat darah, antirematik, peluruh kencing, peluruh kentut (karminatif), afrodisiak, dan penenang (sedatif).





Kandungan Kimia yang terkandung didalam Seledri antara lain, (per 100 gr): 
  1. Kalori sebanyak 20 kalori, 
  2. Protein 1 gram 
  3. Lemak 0,1 gram 
  4. Hidrat arang 4,6 gram 
  5. Kalsium 50 mg 
  6. Fosfor 40 mg 
  7. Besi 1 mg 
  8. Vitamin A 130 SI 
  9. Vitamin B1 0,03 mg 
  10. Vitamin C 11 mg 

Cara menggunakan seledri untuk obat yang diminum dengan cara merebus daun seledri lalu air rebusannya diminum. Atau dengan menggunakan biji  seledri direbus dalam api kecil dan diminum airnya.  Kemudian untuk obat luar, caranya adalah dengan menggiling daun segar hingga halus, lalu oleskan pada bisul atau bagian tubuh yang meradang.

Berikut ini ramuan seledri dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.

Menurunkan Kolesterol 
Cuci 30 gram akar seledri sampai bersih, lalu rebus dalam 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Airnya diminum sekaligus.

Mengurangi Kolik dan Sakit Perut
Sediakan 60 gram seledri segar, 1 ruas jari tangan jahe merah, dan sepotong gula aren. Rebus dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring, airnya diminum sekaligus.

Alergi
2 batang seledri, 3 buah wortel,  1 buah umbi bit ukuran sedang, cuci bersih, lalu dijus. Minum jus tersebut sekaligus waktu perut kosong. Lakukan dua kali sehari.

Batuk
Cuci 30 gram seledri segar, lalu potong-potong. Rebus dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. diminum 2 kali sehari pagi dan sore dan boleh ditambahkan madu bila menginginkannya

Bronkitis
Cuci 60 gram seledri segar, 10 gram kulit jeruk mandarin kering, dan 25 gram gula aren hingga bersih. masukkan ke dalam panci tambahkan 3 gelas air bersih dan rebus hingga tersisa setengahnya. Dinginkan, saring minum pagi dan sore

Hipertensi
Cuci 100 gram seledri dicuci bersih, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan 1 cangkir air hangat, lalu disaring. Setelah dingin, bagi untuk dua kali minum, pagi dan siang.

Mengobati Rematik
 30-40 lembar daun seledri,siram dengan air panas. Makan sebagai lalapan. Lakukan dua kali sehari.

Untuk kecantikan dan kesuburan rambut
7-10 tangkai daun seledri sampai bersih, ditumbuk sampai halus. Bersihkan rambut dengan menggunakan shampo kemudian setelah dibilas bersih gosokkan tumbukan daun seledri ke kulit kepala dan rambut secara merata sambil dipijat ringan. diamkan sebentar dengan membungkus rambut dengan handuk selama kurang lebih 1 jam. Bilas  hingga bersih Lakukan secara rutin setidaknya seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dibuat dari berbagai sumber tulisan sebelumnya  semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar. Saya sangat menghargai jika Anda berkomentar dengan sopan. Terima Kasih