Memilih dan Menyimpan Sayuran

Sayur-sayuran  mengandung banyak manfaat terbaik bagi tubuh. Kandungan vitamin yang terdapat didalamnya antara lain  Vitamin A, Vitamin C, unsur mineral seperti seperti zat kapur, zat besi, magnesium dan fosfor. Sayuran yang berwarna hijau tua merupakan sumber karotenoid (pigmen dalam tanaman yang terdapat pada tumbuhan) terbaik dan tergolong penting untuk memerangi radikal bebas. 

 Bagaimana cara memilih dan menyimpan sayuran yang baik, berikut penjelasannya.



  • Pilihlah sayuran yang masih segar kelihatan baru dipetik, untuk sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, selada dan seledri pilih daunnya yang masih muda dan utuh, tidak robek dan berulat. Pilih yang berwarna hijau, tidak layu dan membusuk. Apabila tidak langsung diolah sebaiknya simpan didalam lemari pendingin dalam keadaan utuh bukan terpotong-potong agar kandungan vitamin dan mineral yang ada tidak hilang. Sebelum disimpan masukkan kedalam plastik berlubang kemudian simpan dibagian kotak penyimpan dibagian bawah lemari pendingin
  • Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang merah kacang polong dan kacang kedelai, pilihlah yang memiliki berat dan ukuran yang sama besar, kulitnya harus nampak segar, mudah dikupas, bebas dari ulat atau kutu, tidak berjamur, butirannya utuh, tidak mengelupas serta tidak bercampur dengan kotoran tanah atau pasir. Simpan didalam tempat yang tertutup dan kering atau stoples yang tertutup bersih.
  • Bagian bunga, seperti bunga kol dan brokolisebaiknya pilih bunga yang kompak, masih ada daun pelindung bunga serta berukuran sedang. Simpan ditempat yang sejuk agar tetap segar.
  • Buah tomat, labu, ketimun, melinjo sebaiknya pilih yang mulus, padat, tidak lembek berair, bentuknya bagus berukuran sedang, berwarna cerah dan tidak terlalu matang. Tomat dan ketimun sebaiknya disimpan dilemari pendingin. Apabila ingin mematangkan tomat maka sebaiknya tidak disimpan di lemari pendingin
  • Bagian umbi atau akar, seperti bawang, lobak, wortel, bengkuang, ubi rambat, kentang dan bit sebaiknya pilih yang berukuran sedang, padat berbentuk teratur, kulitnya bersih tidak pecah pecah mulus dari bekas cangkul. Simpan ditempat yang sejuk tidak perlu ditempat dingin (lemari pendingin)
Sayuran yang layu, terkena benturan atau terlalu matang berarti vitaminnya sudah banyak hilang dan tidak berguna lagi bagi tubuh. 

Dengan memilih dan penyimpan sayuran secara baik dan benar maka kandungan vitamin dan mineral dalam sayuran akan tetap terjaga



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar. Saya sangat menghargai jika Anda berkomentar dengan sopan. Terima Kasih