Tips Mencegah Jerawat

Kulit wajah ditumbuhi jerawat. Memang membuat gawat. Jerawat bisa membuat tidak percaya diri. Untuk para remaja tentu saja hal ini akan berdampak dalam membawa diri dan bergaul

Bagaimana mencegah agar jerawat tidak tumbuh. Berikut ini beberapa tips yang bisa diperhatikan

.




Jaga Kebersihan Kulit Wajah 
Bersihkan wajah setiap kali akan berangkat tidur atau setelah memakai make up. Sisa-sisa kotoran yang berasal dari debu dan bercampur dengan bakteri pada kulit membuat pori-pori wajah tersumbat sehingga merangsang tumbuhnya jerawat. Gunakan milk cleancer atau sabun wajah yang sesuai kemudian bisa dilanjutkan dengan toner.

Minum Air Putih Sesuai Kebutuhan Tubuh
Tubuh merlukan sekurangnya 8 gelas air putih sehari. Air ini dipergunakan untuk kelancaran metabolisme tubuh. Penyerapan bahan makanan dan zat-zat lain yang bermanfaat untuk tubuh diproses dengan baik apabila kebutuhan air tubuh terpenuhi. Pada akhirnya metabolisme tubuh akan mengeluarkan keringat, yang berfungsi untuk membuang racun sisa yang ada didalam tubuh. Proses ini termasuk mencegah timbulnya jerawat.

Jaga Kebersihan Rambut
Debu, kotoran, yang menempel pada rambut setelah beraktifitas akan membuat rambut kotor. Rambut kotor yang mengenai kulit wajah akan membuat kulit menjadi kotor pula. Hal ini bisa merangsang pertumbuhan jerawat. Untuk itu rajinlah merawat kebersihan rambut.

Bagaimana jika jerawat sudah terlanjur tumbuh. Apa yang harus dilakukan? Banyak sekali penawaran obat, cream dan lain-lain yang disebut-sebut bisa menghilangkan jerawat. Tetapi ada beberapa hal mendasar yang harus dilakukan apabila jerawat sudah terlanjut tumbuh.

Cara merawat wajah berjerawat.

Hindari memencet jerawat
Memencet jerawat, apalagi bila dilakukan dengan tangan yang kotor/tidak steril akan membuat luka yang timbul menjadi terinfeksi.

Sedapatnya gunakan make up ringan
Memakain make up tebal dan berat pada kulit wajah yang berjerawat hanya akan memperburuk jarawat. Jerawat yang tertutup bedak/make up akan membuat jerawat tertutup dan bisa terjadi infeksi.

Gunakan masker jerawat/lotion anti jerawat.
Produk perawatan wajah untuk kulit berjerawat, banyak tersedia di pasaran, pilihlah yang sesuai dengan kulit. Biasanya produk-produk anti jerawat mengandung sullfur dan disenfectan. Jika kulit cenderung mudah teriritasi, maka pilihlah produk perawatan jerawat yang alami dan ringan

Hindari Stress
Pikiran negatif & stres dapat menyebabkan produksi minyak lebih banyak & kulit lebih rentan terhadap infeksi. Usahakan kondisi tubuh dan pikiran selalu dalam keadaan sehat.


Semoga tips-tips diatas bisa membantu. 


1 komentar:

Silahkan menuliskan komentar. Saya sangat menghargai jika Anda berkomentar dengan sopan. Terima Kasih